RANCANGAN
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
ATLETIK I (TEORI, PRAKTEK
& METODIK)
Jurusan :
Ilmu keolahragaan
Prodi :
Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi
Dosen :
Ahmad Atiq M.Pd
Mata Kuliah : Atletik i (teori,
praktek & metodik)
Kode Mata Kuliah : KPJ 407
SKS : 2
Semester :
Ganjil
A. Tujuan pembelajaran khusus
Para mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan
professional, kompetensi untuk Memahami, mengetahui, mengembangkan dan mampu
menganalisa serta memecahkan masalah khususnya dibidang sejarah atletik, organisasi, peraturan dan
tehnik dasar nomor – nomor atletik melalui iptek serta menguasai materi dan isi
dalam menyampaikan hal hal yang
berhubungan dengan pengembangan pembelajaran secara akdemik baik tingkat SD,
SMP, SLA, serta mampu beradaptasi dengan kehidupan grobal.
B.
Sub pokok bahasan
1.
Memahami tata
tertib perkuliahan dan kontrak kuliah dan pengantar atletik
2.
Sejarah dan
organisasi atletik,
3.
Peraturan umum
atletik
4.
Mempraktikkan lari sprint 100
m
5.
Evaluasi
6.
Mempratikan lompat
jauh
7.
Evaluasi
8.
Mempratikkan lari gawang 110 m
9.
Evaluasi
10.
Mempratikkan lempar cakram
11.
Evaluasi
12. Mempraktikkan
lari estafet 100 m x 4
13.
Evaluasi
14.
Mempraktikan lempar lembing
15.
Evaluasi
16.
Uas atletik
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I :
Setelah
pembelajaran ini , peserta didik diharapkan dapat :
1. Melaksanakan tata tertib perkuliahan atletik
2. Membahas hal hal yang berhubungan dengan
pembelajaran atletik
Pertemuan
II :
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Membahas olahraga atletik
2.
Membahas nomor – nomor atletik yang akan
dipelajari di semester I
3.
Membahas dan menganalisis tentang organisasi
atletik
Pertemuan III :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat
:
1. Membahas Peraturan perlombaan atletik
2. Membahas
peraturan nomor – nomor atletik lari 100m, lompat jauh, lari gawang 110m
3. Membahas peraturan nomor – nomor atletik lari
estafet, lempar cakram, dan lempar
lembing
Pertemuan IV:
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat
:
Lari
100 m
1. Melakukan gerakan lari dengan ujung tungkai
sambil duduk
2. Melakukan gerakan cocor ujung tungkai sambil
duduk
3. Melakukan gerakan cocor atas sambil baring
4. Dari gerakan keseluruhan di sertai dengan
gerakan berdiri dan meloncat
5. Melakukan telungkip badan sambil melakukan
gerakan lari lari ujung tungkai yang bertujuan untuk membiasakan ujung telapak
kaki
6. Berdiri dengan gerakan salah satu tungkai
diayungkan kebelakang kedepan
7. Berpegangan yang depan berlalri dan belakan
memegang perut
8. Melakukan gerak start jongkok(posisi lengan
selebar bahu, jarak antar tungkai segempal gengam, posisi kaki yang terkuat
didepan dengan jarak satu setengah telapak masing – masing, dan diikuti telapak
kaki yang di belakang .
9. Lari 20 m x 20
10. Lari 30 m x 20
11. Lari 50 m x 10
12. Memasuki garis finis mengerakan salah satu
angota tubuh
Pertemuan
V :
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Evaluasi lari 100m dengan catatan sikap lengan, badan
dan tungkai
Pertemuan VI :
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lompat jauh
1. Melakukan berlari dengan satu tungkai secara
bergantian dengan jarak 20m
2. Melakukan lompatan dengan kedua kaki dengan
jarak 20m
3. Melakukan jongkok dan disertai lompat
ditempat
4. Melakukan jongkok dan berlompat kedepan
dengan jarak 10m
5. Melakuakan jongkok berpasangan dan lompat kedepandengan jarak 20m
6. Melakukan tolakan dengan berpasangan memegang
pundak kawan didepanya
7. Melakukan satu langkah jum
8. Melakukan dua, tiga langkah jum
9. Berpasangan yang didepan berdiri tegak dan
yang belakang melakukan gerakan loncat ditempat sambil berpegangan bahu yang
didepan
10. Berbaris banjar rangkaian posisi rukuk yang
belakang berlarikedepan melewati diatasnya secara bergantian
11. Berbaris banjar membentuk rangkaian sujud dan
yang belakang lari kedepan sambil melintasi posisi diatas secara bergantian
12. Membetuk rangkaian sujud berdampingan dan
yang tidak melakukan gerakan lompat
13. Melakukan jum di bak lompat dengan awalan satu
14. Melakukan jum di bak dengan awalan 2langkah
15. Mengambil start dari titik tolakan melakukan
lari cepat dengan jarak 9, 11 dan 13
16. Melakukan lari cepat untuk menemukan
ketepatan pada titik tolakan.
17. Melakukan lompat jauh dengan runtutan
aproach, menolak, melayang dan mendarat
Pertemuan VII:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Evaluasi lompat jauh awalan , approach, tolakan, melayang, dan
mendarat
Pertemuan VIII :
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lari gawang 110m
1. Melakukan gerakan duduk tungkai salah satu lurus dan
ditekuk sambil mencondongkan pungung kedepan hinga menyentuh lutut
2. Melakukan gerakan dasar bermain tungkai dengan
melontarkan diatas lengan pasanganya masing – masing secara bergantian dengan mengunakan aba – aba
tertentu
3. Melakukan gerakan sepertia diatas dengan kondisi
lengan diganti tubuh dengan membungkukan
4.
Melakukan
gerakan loncat ditempat dengan melontarkan tungkai secara terus menerus dengan
tungkai tegak kebawah dan tegak mencur bertujuan untuk persendian
5. Melakukan gerakan menekuk tut serong dengan melewati
halangan lengan secara berklanjutan kedepan
6.
Melakukan
gerakan lompatan secara sistematis kedepan dengan melintasi temen memrangkak
dengan posisi tungkai tidak berganti
7.
Melakukan lompatan gawang dari samping tungkai ditekuk
8.
Melakukan lompatan gawang dengan
membujurkan tungkai dengan gawang 10
9.
Melakukan runtutan tehnik lari gawang yang
bermuara dari tolakan, sikap diatas gawang dan akhiran untuk menuju gawang
berikutnya tanpa menguranggi kecepatan
Pertemuan IX:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Evaluasi
Pertemuan X:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lempar cakram
1.
Melakukan pegangan cakram dengan telapak
tangan di dekap oleh 4 jari berbanding 1
2.
Melakukan gerakan putaran cakram dengan
melontarkan keatas sitinggi kepala masing masing dengan posisi ditempat.
3.
Melakukan lontaran cakram dengan jari
tulunjuk sambil berjalan
4.
Melakukan lontaran ditanah dengan merodakan cakram dengan jarak
5m secara berpasangan
5.
Melakukan lontaran ditanah dengan
menghalang di tengah rongga tungkai arah kedepan di tempat
6.
Melakukan lemparan cakram dengan tungkai
sejajar
7.
Melakukan lemparan cakram dengan posisi
tungkai diagonal
8.
Melakukan lemparan cakram dengan
membelakanggi arah lemparan
9.
Melakukan lemparan cakram dengan gerakan
rotasi sesuai cakram yang dibebankan
Pertemuan XI:
Setelah pembelajaran ini,
peserta didik diharapkan dapat :
1. Evaluasi lempar cakram dengan 2 gaya menyamping
dan membelakanggi
2. Diukur adalah kemampuan siswa dalam melakukan lemparan
cakram pada tahapan awalan, pelaksanaan, dan akhiran
Pertemuan
XII
:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lari
estafet 100m x 4
1. Melakukan geraka perpindahan tongkat dengan jogging di
areal secara keseluruhan
2.
Melakukan gerakan perpindahan tongkat dengan posisi
duduk dari kanan,kiri,kana dan kiri
3.
Melakukan gerakan perpindahan tongkat
dengan jongkok dari kanaa,kiri,kanan dan kiri
4.
Melakukan gerakan perpindahan tongkat
dengan berdiri dari kanan,kiri,kanan dan kiri
5.
Melakukan gerak jalan berklompok dengan
memindah tongkat dari kana,kiri,kanan,kiri
6.
Melakukan gerakan perpindahan tongkat
berpasangan
7.
Melakukan gerakan perpindahan tongkat
dengan menganalisa medan zone
8.
Melakukan perpindahan tongkat dengan
menganalisa jarak pada saat memasuki posisi penerima
9.
Melakukan perpindahan tongkat dengan jarak
20m
10. Melakukan perpindahan tongkat dengan up-suip dan donw
suip baik visual maupun non visual
Pertemuan XIII:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Evaluasi lari estafet 100m x 4
Pertemuan XIV:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Melakukan gerakan pegangan lembing dengan diatas bahu
masing- masing dengan berlalri
2.
Melakukan gerakan pegangan lembing di
gerakan kanan, kiri dan merotasi lembing melalui tubuhnya sendiri
3.
Melakukan gerakanpegangan lembing diatas bahu
dan di gerakan kedepan dan kebelakang dengan melewati diatas kepala
4.
Melakukan gerakan pegangan lembing yang
ditancapkan ketanah dengan posisi jari memegang secara keseluruhan dari atas
kebawah
5.
Melakukan pegangan lembing yang belakang
melakukan tarikan lembing secara bergantian baik kanan dan kiri
6.
Melakukan lemparan lembing di depanya dan
diambil lagi dengan memutar lembing
7.
Melakukan gerak langkah baik kedepan, menyilang dan
sejajar dengan megang lembing diatas bahu,
8. Melakukan pegangan lembing dan di lempar dengan
kemampuan masing – masing dan mengunakan pegangan amerika, swedia, dan
finlandia
Pertemuan XV:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Evaluasi
lempar lembing
Pertemuan XVI:
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Ujian teori
2.
D.
Metode dan pendekatan Pembelajaran
A. Metode : Komando, Ceramah, Demontrasi , Diskusi
, Tugas
B. pendekatan :
bermain, kompetisi dan tehnik
E.
Sumber Belajar
- Lintasan atletik
- Sarana prasarana Atletik
- Pluit
- Stop
wat
- Nomer
dada
- Media
pembelajaran baik yang di modifikasi
Buku
referensi :
1.
IAAF, 1993. Pengenalan kepada teori
kepelatihan,terjemahan,suyono,DS, Jakarta pasi
2.
IAAF,
2000,Pedoman mengajar cabang atlrtik, DS, Jkarta pasi
3.
Khomsin (2005) Atletik 1UNNES PRES,
Semarang
4.
Mochamad djumidar (2004) gerak dasar
atletik, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
F. Penilaian
Indikator
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Mempraktikkan sprin 100m, lompat jauh, lari gawang, lempar cakram, lari
eftafet, lempar lembing
|
Tes
praktik (Kinerja)
Tes tertulis
Tes Observasi
|
Tes contoh kinerja
Pilihan ganda / uraian singkat
Lembar observasi
kerjasama
|
Lakukan teknik semua cabang atletik, lari 100m, lompat jauh, lari gawang, lempar
cakram, lari eftafet, lempar lembing
Pembahasan
tentang lari 100m, lompat jauh, lari
gawang, lempar cakram, lari estafet, dan lempar lembing
Mempraktikkan
sikap disiplin, tangung jawab, tolerasi,
loyalitas dan ramah tamah.
|
1. Teknik penilaian:
a.
Tes contoh kinerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar cabang lari 100m dan lari estafet ,lompat jauh,lempar, cakram dan lembing, (
di tempat, bergerak maju mundur dan bergerak ke kanan ke kiri) !
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas tes contoh kerja peserta ,
dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
b.
Tes Observasi
(afektif):
Mainkan permainan yang mengarah cabang lari,lompat,lempar dengan
peraturan yang telah dimodifikasi. Mempraktikkan kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap
peserta menunjukkan atau menampilkan
perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
c.
Tes Tertulis (kognitif):
Jawab secara lisan, tertulis atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bola voli.
(Sebutkan posisi tangan dan lengan saat mempraktikkan passing atas dan bawah) !
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta , dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
d.
Nilai
akhir yang diperoleh peserta didik :
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
PSIKOMOTOR (KINERJA) TEKNIK DASAR ATLETIK I
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Sumber gerakan tehnik
baik awalan, pelaksanaan, dan akhiran pada saat melakukan gerakan ,
2. Cara pemegangan alat-alat lembing, cakram, tongkat
3. Posisi
dan gerakan lanjut saat berlari,
lempar,lempar dan lompat
4. menunjukan cirri – ciri gerak yang benar pada saat
proses perkuliahan
5. Koordinasi semua gerakan lempar, lompat,
lari,
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20
|
|
RUBRIK PENILAIAN
AFEKTIF (PERILAKU) ATLETIK I
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja, tangung jawab, disiplin, loyalitas
|
|
2. Berani mengambil tindakan
|
|
3. Toleransi
|
|
4. Memecahkan masalah
|
|
5. Menghargai teman
|
|
6.
Keberanian
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 6
|
|
RUBRIK PENILAIAN
KOGNITIF (KONSEP GERAK)
ATLETIK I
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana cara melakukan tehnik-tehnik lompat,lempar,dan
lari?
2. Apa yang kalian
ketahui tentang nomor- nomor cabang atletik?
3. Hal apa saja yang berhubungan dengan sejarah, peraturan, organisasi ateltik.
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 12
|
|
Ka. Prodi
Penjaskesrek FKIP UNTAN,
Dosen Mata Kuliah
Atletik I
(Teori, Praktek
& Metodik)
Wiwik yunitaningrum M.Pd Ahmad Atiq, M.Pd
NIP.
NIP.
198303042009121002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar