Minggu, 04 Januari 2015

rencana pembelajaran semester gasal atletik 1 prodi pjkr jurusan ilmu keolahragaan fkip untan



RANCANGAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
ATLETIK I (TEORI, PRAKTEK & METODIK)
 

Jurusan                              : Ilmu keolahragaan
Prodi                                  : Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi
Dosen                                 : Ahmad Atiq M.Pd
Mata Kuliah                        : Atletik i (teori, praktek & metodik)
Kode Mata Kuliah               : KPJ 407
SKS                                    : 2
Semester                            : Ganjil

A.    Tujuan pembelajaran khusus
           
  Para mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan professional, kompetensi untuk Memahami, mengetahui, mengembangkan dan mampu menganalisa serta memecahkan masalah khususnya dibidang  sejarah atletik, organisasi, peraturan dan tehnik dasar nomor – nomor atletik melalui iptek serta menguasai materi dan isi dalam  menyampaikan hal hal yang berhubungan dengan pengembangan pembelajaran secara akdemik baik tingkat SD, SMP, SLA, serta mampu beradaptasi dengan kehidupan grobal.

B.     Sub pokok bahasan
1.        Memahami tata tertib perkuliahan dan kontrak kuliah dan pengantar atletik
2.        Sejarah dan organisasi  atletik,
3.        Peraturan umum atletik
4.        Mempraktikkan lari sprint 100 m
5.        Evaluasi
6.        Mempratikan lompat jauh
7.        Evaluasi
8.        Mempratikkan lari gawang 110 m
9.        Evaluasi
10.    Mempratikkan lempar cakram
11.    Evaluasi
12.    Mempraktikkan lari estafet 100 m x 4
13.    Evaluasi
14.    Mempraktikan lempar lembing
15.    Evaluasi
16.     Uas atletik










C.     Tujuan Pembelajaran        
Pertemuan I :
   Setelah pembelajaran ini , peserta didik diharapkan dapat :
1.       Melaksanakan tata tertib perkuliahan atletik
2.       Membahas hal hal yang berhubungan dengan pembelajaran atletik
         Pertemuan II :
         Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Membahas olahraga atletik
2.       Membahas nomor – nomor atletik yang akan dipelajari di semester I
3.       Membahas dan menganalisis tentang organisasi atletik

Pertemuan III :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Membahas Peraturan perlombaan atletik
2.       Membahas  peraturan nomor – nomor atletik lari 100m, lompat jauh, lari gawang 110m
3.       Membahas peraturan nomor – nomor atletik lari estafet,  lempar cakram, dan lempar lembing

Pertemuan IV:
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lari 100 m

1.       Melakukan gerakan lari dengan ujung tungkai sambil duduk
2.       Melakukan gerakan cocor ujung tungkai sambil duduk
3.       Melakukan gerakan cocor atas sambil baring
4.       Dari gerakan keseluruhan di sertai dengan gerakan berdiri dan meloncat
5.       Melakukan telungkip badan sambil melakukan gerakan lari lari ujung tungkai yang bertujuan untuk membiasakan ujung telapak kaki
6.       Berdiri dengan gerakan salah satu tungkai diayungkan kebelakang kedepan
7.       Berpegangan yang depan berlalri dan belakan memegang perut
8.       Melakukan gerak start jongkok(posisi lengan selebar bahu, jarak antar tungkai segempal gengam, posisi kaki yang terkuat didepan dengan jarak satu setengah telapak masing – masing, dan diikuti telapak kaki yang di belakang .
9.       Lari 20 m x 20
10.   Lari 30 m x 20
11.   Lari 50 m x 10
12.   Memasuki garis finis mengerakan salah satu angota tubuh

Pertemuan V :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Evaluasi  lari 100m dengan catatan sikap lengan, badan dan tungkai

Pertemuan VI :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lompat jauh
1.       Melakukan berlari dengan satu tungkai secara bergantian dengan jarak 20m
2.       Melakukan lompatan dengan kedua kaki dengan jarak 20m
3.       Melakukan jongkok dan disertai lompat ditempat
4.       Melakukan jongkok dan berlompat kedepan dengan jarak 10m
5.       Melakuakan jongkok berpasangan  dan lompat kedepandengan jarak 20m
6.       Melakukan tolakan dengan berpasangan memegang pundak kawan didepanya
7.       Melakukan satu langkah jum
8.       Melakukan dua, tiga langkah jum
9.      Berpasangan yang didepan berdiri tegak dan yang belakang melakukan gerakan loncat ditempat sambil berpegangan bahu yang didepan
10.   Berbaris banjar rangkaian posisi rukuk yang belakang berlarikedepan melewati diatasnya secara bergantian
11.   Berbaris banjar membentuk rangkaian sujud dan yang belakang lari kedepan sambil melintasi posisi diatas secara bergantian
12.   Membetuk rangkaian sujud berdampingan dan yang tidak melakukan gerakan lompat
13.   Melakukan  jum di bak lompat dengan awalan satu
14.   Melakukan jum di bak dengan awalan 2langkah
15.   Mengambil start dari titik tolakan melakukan lari cepat dengan jarak 9, 11 dan 13
16.   Melakukan lari cepat untuk menemukan ketepatan pada titik tolakan.
17.   Melakukan lompat jauh dengan runtutan aproach, menolak, melayang dan mendarat

Pertemuan VII:
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.    Evaluasi lompat jauh awalan , approach, tolakan, melayang, dan mendarat

Pertemuan VIII :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lari gawang 110m
1.    Melakukan gerakan duduk tungkai salah satu lurus dan ditekuk sambil mencondongkan pungung kedepan hinga menyentuh lutut
2.    Melakukan gerakan dasar bermain tungkai dengan melontarkan diatas lengan pasanganya masing – masing  secara bergantian dengan mengunakan aba – aba tertentu
3.    Melakukan gerakan sepertia diatas dengan kondisi lengan diganti tubuh dengan membungkukan
4.       Melakukan gerakan loncat ditempat dengan melontarkan tungkai secara terus menerus dengan tungkai tegak kebawah dan tegak mencur bertujuan untuk persendian
5.    Melakukan gerakan menekuk tut serong dengan melewati halangan lengan secara berklanjutan kedepan
6.       Melakukan gerakan lompatan secara sistematis kedepan dengan melintasi temen memrangkak dengan posisi tungkai tidak berganti
7.       Melakukan lompatan gawang dari samping tungkai ditekuk
8.       Melakukan lompatan gawang dengan membujurkan tungkai dengan gawang 10
9.       Melakukan runtutan tehnik lari gawang yang bermuara dari tolakan, sikap diatas gawang dan akhiran untuk menuju gawang berikutnya tanpa menguranggi kecepatan

Pertemuan IX:
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.          Evaluasi

        Pertemuan X:
        Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
        Lempar cakram
1.          Melakukan pegangan cakram dengan telapak tangan di dekap oleh 4 jari berbanding 1
2.    Melakukan gerakan putaran cakram dengan melontarkan keatas sitinggi kepala masing masing dengan posisi ditempat.
3.          Melakukan lontaran cakram dengan jari tulunjuk sambil berjalan
4.          Melakukan lontaran  ditanah dengan merodakan cakram dengan jarak 5m secara berpasangan
5.   Melakukan lontaran ditanah dengan menghalang di tengah rongga tungkai arah kedepan di tempat
6.   Melakukan lemparan cakram dengan tungkai sejajar
7.   Melakukan lemparan cakram dengan posisi tungkai diagonal
8.   Melakukan lemparan cakram dengan membelakanggi arah lemparan
9.   Melakukan lemparan cakram dengan gerakan rotasi sesuai cakram yang dibebankan

        Pertemuan XI:
       Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Evaluasi lempar cakram dengan 2 gaya menyamping dan membelakanggi
2.       Diukur adalah kemampuan siswa dalam melakukan lemparan cakram pada tahapan awalan, pelaksanaan, dan akhiran  

Pertemuan XII :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
Lari estafet 100m  x 4
1.       Melakukan geraka perpindahan tongkat dengan jogging di areal secara keseluruhan
2.       Melakukan gerakan perpindahan tongkat dengan posisi duduk dari kanan,kiri,kana dan kiri
3.       Melakukan gerakan perpindahan tongkat dengan jongkok dari kanaa,kiri,kanan dan kiri
4.       Melakukan gerakan perpindahan tongkat dengan berdiri dari kanan,kiri,kanan dan kiri
5.       Melakukan gerak jalan berklompok dengan memindah tongkat dari kana,kiri,kanan,kiri
6.       Melakukan gerakan perpindahan tongkat berpasangan
7.       Melakukan gerakan perpindahan tongkat dengan menganalisa medan zone
8.       Melakukan perpindahan tongkat dengan menganalisa jarak pada saat memasuki posisi penerima
9.       Melakukan perpindahan tongkat dengan jarak 20m
10.   Melakukan perpindahan tongkat dengan up-suip dan donw suip baik visual maupun non visual

      Pertemuan XIII:
      Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Evaluasi lari estafet 100m x 4
   
      Pertemuan XIV:
      Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Melakukan gerakan pegangan lembing dengan diatas bahu masing- masing dengan berlalri
2.       Melakukan gerakan pegangan lembing di gerakan kanan, kiri dan merotasi lembing melalui tubuhnya sendiri
3.       Melakukan gerakanpegangan lembing diatas bahu dan di gerakan kedepan dan kebelakang dengan melewati diatas kepala
4.       Melakukan gerakan pegangan lembing yang ditancapkan ketanah dengan posisi jari memegang secara keseluruhan dari atas kebawah
5.       Melakukan pegangan lembing yang belakang melakukan tarikan lembing secara bergantian baik kanan dan kiri
6.       Melakukan lemparan lembing di depanya dan diambil lagi dengan memutar lembing
7.       Melakukan  gerak langkah baik kedepan, menyilang dan sejajar dengan megang lembing diatas bahu,
8.       Melakukan pegangan lembing dan di lempar dengan kemampuan masing – masing dan mengunakan pegangan amerika, swedia, dan finlandia
      Pertemuan XV:
      Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Evaluasi lempar lembing

      Pertemuan XVI:
      Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Ujian teori
2.        
D.     Metode dan pendekatan  Pembelajaran      
A. Metode         : Komando, Ceramah, Demontrasi , Diskusi , Tugas
B. pendekatan   : bermain, kompetisi dan tehnik
E.      Sumber Belajar
-       Lintasan atletik
-       Sarana prasarana Atletik
-       Pluit
-       Stop wat
-       Nomer dada
-       Media pembelajaran baik yang di modifikasi

 Buku referensi :
1.    IAAF, 1993. Pengenalan kepada teori kepelatihan,terjemahan,suyono,DS, Jakarta pasi
2.    IAAF, 2000,Pedoman mengajar cabang atlrtik, DS, Jkarta pasi
3.    Khomsin (2005) Atletik 1UNNES PRES, Semarang
4.    Mochamad djumidar (2004) gerak dasar atletik, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

F.      Penilaian     
Indikator
Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Mempraktikkan sprin 100m, lompat jauh, lari gawang, lempar cakram, lari eftafet, lempar lembing
Tes praktik (Kinerja)




Tes tertulis




Tes Observasi
Tes contoh kinerja




Pilihan ganda / uraian singkat



Lembar  observasi
kerjasama
Lakukan teknik semua cabang atletik, lari 100m, lompat jauh, lari gawang, lempar cakram, lari eftafet, lempar lembing

Pembahasan tentang lari 100m, lompat jauh, lari gawang, lempar cakram, lari estafet, dan lempar lembing

Mempraktikkan sikap disiplin, tangung jawab, tolerasi, loyalitas dan ramah tamah.

     







1.   Teknik penilaian:
a.       Tes contoh kinerja (psikomotor): 
                  Lakukan teknik dasar cabang lari 100m dan lari estafet ,lompat jauh,lempar, cakram dan lembing, ( di tempat, bergerak maju mundur dan bergerak ke kanan ke kiri) !
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas tes contoh kerja peserta , dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

              Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                   Jumlah skor maksimal

b.      Tes Observasi (afektif): 
Mainkan permainan yang mengarah cabang lari,lompat,lempar dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Mempraktikkan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta  menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. 
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

                Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                    Jumlah skor maksimal
c.         Tes Tertulis (kognitif):
Jawab secara lisan, tertulis atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bola voli. (Sebutkan posisi tangan dan lengan saat mempraktikkan passing atas dan bawah) !
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta , dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
             Jumlah skor maksimal

d.             Text Box: Nilai tes contoh kinerja + Nilai tes observasi + Nilai tes tertulis atau lisanNilai akhir yang diperoleh peserta didik :














2.   Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
PSIKOMOTOR (KINERJA) TEKNIK DASAR ATLETIK I
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4

1.   Sumber gerakan tehnik baik awalan, pelaksanaan, dan akhiran pada saat melakukan gerakan ,
2.   Cara pemegangan alat-alat lembing, cakram, tongkat
3.  Posisi dan  gerakan lanjut saat berlari, lempar,lempar dan lompat
4.   menunjukan cirri – ciri gerak yang benar pada saat proses perkuliahan
5. Koordinasi semua gerakan lempar, lompat, lari,




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20
















RUBRIK PENILAIAN
AFEKTIF (PERILAKU) ATLETIK I
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja, tangung jawab, disiplin, loyalitas

2.  Berani mengambil tindakan

3.  Toleransi

4.  Memecahkan masalah

5.  Menghargai teman

6. Keberanian

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 6


RUBRIK PENILAIAN
KOGNITIF (KONSEP GERAK) ATLETIK I
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1. Bagaimana cara melakukan tehnik-tehnik lompat,lempar,dan lari?
2.  Apa yang kalian ketahui tentang nomor- nomor  cabang atletik?
3.  Hal  apa saja yang berhubungan dengan sejarah, peraturan, organisasi ateltik. 





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

















Ka. Prodi Penjaskesrek FKIP UNTAN,                                          Dosen Mata Kuliah Atletik I
                                                                                                    (Teori, Praktek & Metodik)





Wiwik yunitaningrum M.Pd                                                         Ahmad Atiq, M.Pd
NIP.                                                                                            NIP. 198303042009121002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar