DISKIPSI MAATA KULIAH
Mkk                            : Sosiologi olahraga
Kode                           : KPJ 458
Dosen                          : Ahmad Atiq M.Pd
Alamat                        : Jln karya sosial komplek bali asri 2 blok D6
Imel                             : atikachmad@gmail.com
Coling                         : 08562741185/085325299283
Diskripsi                       
Mata kuliah ini membahas tentang analisis sosiologi olahraga,olahraga sebagai sebuah fenomena sosial,olahraga dan pembinaan sikap sosial, organisasi-organisasi olahraga, olahraga dan intitusi regulatif, olahraga dan kebudayaan, struktur kelembagaan pada stratifikasi sosial, pemasaran olahraga serta  isue-isue olahraga terkini, hubungan sosial dalam aktivitas olahraga, menumbuhkan pola hidup kerja sama yang baik, menumbuhkan rasa toleransi dalam olahraga serta memiliki kemampuan sikap yang baik. Mata kuliah ini juga membahas prilaku individual maupun berkelompok, proses budaya-sosial dalam olahraga. Sosiologi olahraga mengkaji interaksi manusia dengan manusia lain dalam suasana olahraga.
Refrensi :
Ahmad ahmadi (1990) ilmu sosial dasar Jakarta .Rineka karya
Eldon E, snyder, and Etmer A, Spalitzer (1983) Social Aspects Of sport New Jarsey,
        Prentic Hall,ind
Engkos kosasih, (1983), Olahraga tehnik dan program latihan, Jakarta, Akademik 
Kompetensi Dasar       
1.    Memahami tata tertib perkuliahan dan pengantar mata kuliah manajemen penjaskes
2.    Memahami tentang analsis sosiologi pada olahraga
3.    Memahami tentang olahraga sebagai subuah fenomena sosial
4.    Memahami tentang olahraga da pembinaan sikap sosial
5.    Memahami tentang olahraga dan intitusi regulatif
6.    Memahami tentang olahraga dan kebudayaan
7.    Memahami tentang ktruktur dan kelembagaan pada stratifikasi sosial
8.    Memahami tentang olahraga alat pemersatu bangsa
9.    Memahami tentang individu –individu olahraga
10.   Memahami tentang pemasaran olahraga
A.    Tujuan Pembelajaran        
Pertemuan I :
   Setelah pembelajaran ini , peserta didik diharapkan dapat :
1.    Melaksanakan tata tertib perkuliahan sesuai kontrak 
2.    Minimal 12 kali pertemuan,mid dan ujian semester 
3.    Pakean rapi tidak boleh celana jean, mengunakan baju kerah 
4.    Rambut pendek
5.    Tidak boleh terlambat walaupun satu detik 
6.    Jaga karakter baik di luar dan di dalam kampus
Pertemuan II dan III:
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami diskripsi sosiologi
2.      Memahami penjelasan sosiologi
Pertemuan IV dan V :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami olahraga sebagai sebuah permainan
2.      Memahami olahraga sebagai sebuah lembaga permaianan
3.      Olahraga sebagai intitusi sosial
4.      Olahraga sebagai pranata sosial
Pertemuan VI dan VII  :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami manusia dalam lingkungan masyarakat
2.      Memahami peran olahraga dalam pembinaan sikap sosial
Pertemuan VIII dan IX :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami kepemimpinan organisasi
2.      Memahami stuktur dan komposisi organisasi
3.      Memahami proses dan prestasi olahraga
Pertemuan X dan XI :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami olahraga dan sistem politik 
2.      Memahami olahraga dan sistem hukum
3.      Olahraga dan sisitem ekonomi
Pertemuan XII dan XIII :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami olahraga dan agama
2.      Memahami olahraga dan media masa
3.      Memahami olahraga dan kesenian
      Pertemuan XIV dan XV :
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami sifat stratifikasi sosial
2.      Memahami stratifikasi sosial dalam olahraga
3.      Stratifikasi rasial dan etnis dalam olahraga
Pertemuan XVI
Setelah pembelajaran ini peserta didik di harapkan dapat:
1.      Memahami peningkatan partisipasi dalam olahraga 
2.      Memahami promosi olahraga
3.      Memahami aspek pemasaran olahraga
4.      Memahami konsumsi olahraga
5.      Memahami inti promosi
B.     Materi Pembelajaran        
1.      Materi 1 
-       Melaksanakan tata tertib perkuliahan sesuai kontrak 
-       Minimal 12 kali pertemuan,mid dan ujian semester 
-       Pakean rapi tidak boleh celana jean, mengunakan baju kerah 
-       Rambut pendek
-       Tidak boleh terlambat walaupun satu detik 
-       Jaga karakter baik di luar dan di dalam kampus
2.      Materi 2 dan 3 
-       Memahami diskripsi sosiologi
-       Memahami penjelasan sosiologi 
3.      Materi 4 dan 5 
-       Memahami olahraga sebagai sebuah permainan
-       Memahami olahraga sebagai sebuah lembaga permaianan
-       Olahraga sebagai intitusi sosial
-       Olahraga sebagai pranata sosial
4.      Materi 6 dan 7
-       Memahami manusia dalam lingkungan masyarakat
-       Memahami peran olahraga dalam pembinaan sikap sosial
5.      Materi 8 dan 9
-       Memahami kepemimpinan organisasi
-       Memahami stuktur dan komposisi organisasi
-       Memahami proses dan prestasi olahraga
6.      Materi 10 dan 11
-       Memahami olahraga dan sistem politik 
-       Memahami olahraga dan sistem hukum
-       Olahraga dan sisitem ekonomi
7.      Materi 12 dan 13
-       Memahami olahraga dan agama
-       Memahami olahraga dan media masa
-       Memahami olahraga dan kesenian
8.      Materi 14 dan 15
-       Memahami sifat stratifikasi sosial
-       Memahami stratifikasi sosial dalam olahraga
-       Stratifikasi rasial dan etnis dalam olahraga
9.      Materi 16
-       Memahami peningkatan partisipasi dalam olahraga 
-       Memahami promosi olahraga
-       Memahami aspek pemasaran olahraga
-       Memahami konsumsi olahraga
-       Memahami inti promosi
C.    Metode Pembelajaran       
-          Ceramah
-          Tugas individu
-          Tugas kelompok
-          Media IT interned
-          Diskusi 
-          Mid 
-          Ujian semester
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran      
Pertemuan 1 
Pendahuluan (10 menit)
-       Berdoa, presensi, apersepsi
Inti pembelajaran (80 menit)
-       Melaksanakan tata tertib perkuliahan sesuai kontrak 
-       Minimal 12 kali pertemuan,mid dan ujian semester 
-       Pakean rapi tidak boleh celana jean, mengunakan baju kerah 
-       Rambut pendek
-       Tidak boleh terlambat walaupun satu detik 
-       Jaga karakter baik di luar dan di dalam kampus
Penutup pembelajaran (10 menit)
-       Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
Pertemuan II dan III
Pendahuluan (10 menit)
-       Berdoa, presensi.
-       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (80 menit)
-       Memahami diskripsi sosiologi
-       Memahami penjelasan sosiologi 
Penutup pembelajaran (10 menit)
-        tugas-tugas, evaluasi, berdoa dan selesai
Pertemuan IV dan V
Pendahuluan (15 menit)
-           Berdoa, absensi dan presensi.
-           Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (75 menit)
-           Memahami olahraga sebagai sebuah permainan
-           Memahami olahraga sebagai sebuah lembaga permaianan
-           Olahraga sebagai intitusi sosial
-           Olahraga sebagai pranata sosial
Penutup pembelajaran (10 menit)
-           Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai
Pertemuan VI danVII
Pendahuluan (15 menit)
-           Berdoa, dan presensi.
-           Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (75 menit)
-           Memahami manusia dalam lingkungan masyarakat
-           Memahami peran olahraga dalam pembinaan sikap sosial
Penutup pembelajaran (10 menit)
-       Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai
Pertemuan VIII dan IX
Pendahuluan (15 menit)
-       Berdoa, presensi.
-       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (75 menit)
-       Memahami kepemimpinan organisasi
-       Memahami stuktur dan komposisi organisasi
-       Memahami proses dan prestasi olahraga
Penutup pembelajaran (10 menit)
-        Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai
Pertemuan X dan XI
Pendahuluan (15 menit)
-        Berdoa, presensi, dan apresiasi
-        Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (75 menit)
-        Memahami olahraga dan sistem politik 
-        Memahami olahraga dan sistem hukum
-        Olahraga dan sisitem ekonomi 
Penutup pembelajaran (10 menit)
-        Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai
Pertemuan XII dan XIII
Pendahuluan (15 menit)
-        Berdoa, presensi,dan apresiasi
-        Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (75 menit)
-        Memahami olahraga dan agama
-        Memahami olahraga dan media masa
-        Memahami olahraga dan kesenian
-        Memahami manajemen kepelatihan 
Penutup pembelajaran (10 menit)
-        Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai
Pertemuan XIV dan XV
Pendahuluan (15 menit)
-        Berdoa, presensi,dan apresiasi
-        Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (75 menit)
-     Memahami sifat stratifikasi sosial
-     Memahami stratifikasi sosial dalam olahraga
-       Stratifikasi rasial dan etnis dalam olahraga
Penutup pembelajaran (10 menit)
-        Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai
Pertemuan  XVI
Pendahuluan (15 menit)
-        Berdoa, presensi,dan apresiasi
-        Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Inti pembelajaran (75 menit)
-        Memahami sifat stratifikasi sosial
-       Me Memahami peningkatan partisipasi dalam olahraga 
-       Memahami promosi olahraga
-       Memahami aspek pemasaran olahraga
-       Memahami konsumsi olahraga
Penutup pembelajaran (10 menit)
-        Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai
E.     Sumber Belajar 
-     LCD
-    LAPTOP
-    INTERNED 
-    BUKU AJAR
F.     Buku referensi :
-    Ahmad ahmadi (1990) ilmu sosial dasar Jakarta .Rineka karya
-    Eldon E, snyder, and Etmer A, Spalitzer (1983) Social Aspects Of sport New Jarsey,
        Prentic Hall,ind
-    Engkos kosasih, (1983), Olahraga tehnik dan program latihan, Jakarta, Akademik 
G.    Penilaian     
|     Indikator  |        Teknik   penilaian  |        Bentuk   instrumen  |        Instrumen  |   
|     Mepaparkan isi dan fungsi ilmu sosiologi olahraga  |        Tes   afetif mahasiswa Tes koknitif mahasiswa Tes menyampaikan pendapat  |        Tes kpribadian Bagaimana berani berfikir Bagaimana bertanyak   |        Bertutur bertindak  Menyampaikan   imaji beratanyak dan menjawab Menjadi   penengah dalam tanyak jawab  |   
1.   Teknik penilaian: 
a.             Tes contoh afektif 
                              Lakukan tindakan dan menyampaikan pendapat dalam sesin diskusi
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas tes contoh kerja peserta , dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                        Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                        Jumlah skor maksimal
b.      Tes koknitif
Berdiskusi sesuai aturan dan berpendidikan yang mulia
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta  menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
                           Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                           Jumlah skor maksimal
c.       Tes tanyak jawab
Jawab secara lisan, tertulis atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai manajemen penjaskes
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta , dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
            Jumlah skor maksimal
d.      Nilai akhir yang diperoleh peserta didik =
|       Nilai tes     contoh kinerja + Nilai tes observasi +Nilai tes tertulis atau lisan  |     
2.   Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN 
Afektif sosiologi olahraga
|     Aspek   Yang Dinilai  |        Kualitas   Gerak  |   |||
|     1  |        2  |        3  |        4  |   |
|     1.  Sumber semua dari buku sosiologi olahraga 2.  Bagaimana   masiswa berpakean rapi 3.   Bagaimana mahasiswa   bertangung jawab 4.   Bagaimana   mahasiswa mengakui kesalahan  |        |        |        |        |   
|     JUMLAH  |        |   |||
|     JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20  |        |   |||
RUBRIK PENILAIAN
Kokninif sosiologi olahraga
|     PERILAKU YANG DIHARAPKAN  |        CEK (√ )  |   
|     1.  menangkap suatu materi  |        |   
|     2.    Berani bertanyak  |        |   
|     3.    berani menjawab  |        |   
|     4.  Memecahkan masalah  |        |   
|     5.    Menghargai teman  |        |   
|     6. Keberanian  |        |   
|     JUMLAH  |        |   
|     JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 6  |        |   
1
RUBRIK PENILAIAN 
Sikomotor sosiologi olahraga
|     Pertanyaan yang diajukan  |        Kualitas Jawaban  |   |||
|     1  |        2  |        3  |        4  |   |
|     1.  Mencari refrensi 2.  Bagaimana mengambil keputusan 3.  Bagaimana menjadi penengah  |        |        |        |        |   
|     JUMLAH  |        |   |||
|     JUMLAH   SKOR MAKSIMAL: 12  |        |   |||
RUBRIK PENILAIAN 
Penugasan sosiologi olahraga 
|     Aspek   Yang Dinilai  |        Kualitas   Gerak  |   |||
|     1  |        2  |        3  |        4  |   |
|     1.pembagian   klompok 2.persentasi   klompok 3.berdiskusi   kelompok besar dan kecil  |        |        |        |        |   
|     |        |   |||
|     JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100  |        |   |||
Ka. Prodi Penjaskes FKIP UNTAN,                              Dosen Mata Kuliah sosiologi olahraga       
(Prof.Dr. Victor Simanjuntak, M. Kes)                    (Ahmad Atiq, S.Pd, M.Pd)
     NIP. 195505251976031002                                     NIP.198303042000121002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar