DISKRIPSI MATA KULIAH
NAMA : AHMAD ATIQ S.PD M.Pd
NIP : 198303042009121002
TEMPAT TGL LAHIR : KUDUS 4 MARET 1983
ALAMAT : JLN AMPERA PERUM BALI ASRI 2 BLOK D NO 6 PONTIANAK KALIMANTAN BARAT
N0 HP : 08562741185
MK : ATLETIK 1 DAN 2
INDIKATOR :
Membawa dan mengantarkan mahasiswa kepintu pendidikan yang bermutu dan kuwalitas melalui ilmu pendidikan tehnology baik secara langsung maupun tidak langsung formal atau tidak formal agar kedepanya lebih tahu kegunaan ilmu untuk ditempatkan pada tempat yang tepat baik secara sport medicine, sport biomechanics, sport psychology, sport pedagogy, sport sociology, sport historisy, sport philosophy, sport informasion, sport politics, sport law, sport fasilits, sport economy, sport eguipments,sport anatomi dan fisiology maupun kinesiology dan lain-lin khususnya mata kuliah atletik 1 dan 2 baik secara penjas maupun kepelatihan serta mampu membuat program untuk atlit yang dibina untuk masa depan bangsa memahami peraturan dan tangung jawab yang berlaku dalam perlombaan atletik. dan setiap mahasiswa ditekan untuk mampu melandasi kpribadian,menguasai ilmu untuk trampil, berkarya, bersosialisasi, bersikap berprilaku dalam berkarya ditingkat ahli berdasarkan ilmu yang dikuasai.
1. Kontrak perkuliahan
a) Paling sedikit 14 pertemuan baik dosen maupun mahasiswa dalam tatap muka
b) Kuliah jam 07,00 /09,00 tidak boleh terlambat
c) Terlambat bearti tidak masuk
d) Pakean seragam, kaos kaki putih bersepatu olahraga
e) Setiap kuliah bawa minum sendiri-sendiri
f) Siapkan sarana-prasarana 15menit sebelum perkuliahan dimulai sesuai regu piket apabila tidak piket akan dapat sangsi dari dosen
g) Tugas kelompok membuat pertandingan antar SD, SMP, SMA SE PONTIANAK
h) Tugas individu bisa muncul apabila mahasiswa mengalami kekurangan ketika tatap muka,menganalisis geraka-gerakan dasar.
i) Tidak ada mid maupun ujian semester
j) Semua cabang atletik selalu diawali dengan gerakan ABC RANING
2. Sprin 100 m
a) Posisi kaki berada pada bawah menempel dengan tanah dan digerakan satu persatu secara bergantian dan di ikuti dengan gerakan berdiri dengan bertujuan melatih daya ledak otot tungkai
b) Setiap mahasiswa bergantian tempat dengan gerakan (A)
c) Posisi kaki diangkat ke de3pan dan digerakan dalam posisi lari dengan tangan menempel tanah di bagian samping belakang di lanjutkan dengan gerakan berdiri penuh posisi tangan seperti orang lari bertujuan melatih mempertahankan gerakan lari
d) Setiap mahasiswa bergantian tempat dengan gerakan (C)
e) Kaki diangkat keatas dan digerakan dengan posisi pungung tempel dengan tanah
f) Setiap mahasiswa berpindah tempat dengan gerakan (E)
g) Berpasangan yang satu posisi merangkak yang satu duduk diatasnya dengan mengerakan kaki
h) Seperti gerakan g namun bergantian tempat
i) Berpasangan yang satu lari yang satu memegang perut yang lari
j) Gerakan lari dengan posisi berlawanan dengan diikat tali /karet
k) Berbentuk segi 5 lari 5 m kedepan dengan membentuk kelompok
l) Melatih posisi start
m) Melatih posisi `masuk garis finis
3. Jalan cepat
a) Evaluasi pertemuan 2
b) Perhatikan togok bergerak maju condong kedepan
c) Kepala tegak luruskedepan koordinasi tangan berlawanan dengan tungkai
d) Kaki waktu melangkah lurus dengan garis
e) Setiap mahasiswa melakukan gerakan jalan dengan kedua tangan diangkat setara pundak
f) Setiap mahasiswa bergandeng tangan baik 2/3/4 berjalan kedepan
g) Tes jalan cepat 5-10 putaran /5 kl
4. Lompat jauh
a) Evaluasi 3
b) Melatih gerakan step di tempat dengan bergantian kaki baik kanan atau kiri
c) Melatih ingklik satu kaki dengan berpegangan 1v1
d) Berurutan masing – masing berpegangan tungkai dengan posisi jinjat kedepan
e) Melatih ingklik satu kaki dengan berpasangan dan pindah dengan pasangan lain
f) Bermain kejar-kejaran dengan satu kaki atau dua kaki
g) Melatih step dengan naik turun bangku
h) Melatih jam dengan turun bangku
i) Melatih hop step and jam dengan berlari naik ke bangku dan turun satu kaki
j) Melatih awalan dengan dua kaki
k) Melatih awalan jam dengan awalan satu kaki
l) Melatih awalan dengan melalui gais hop
m) Melatih awalan 9/11/13 pada gerakan lompat jauh
5. Tolak peluru
a) Evaluasi pertemuan 4
b) Melatih pegangan dengan berpindah tangan dari kanan kekiri dan sebaliknya
c) Melatih tolakan dengan megang kedua tangan disatukan ditolakan kebelakang dengan posisi membelakangi melewati atas kepala
d) Melatih tolakan dengan posisi tenang di tempelkan leher lalu di push kedepan
e) Melatih tolakan dengan awalan satu langkah posisi seperti huruf (D)
f) Melatih push kedepan dengan dua langkah kedepan
g) Mahasiswa ditugaskan untuk membuat alat tolak dari pasir
6. Lompat jangkit
a) Evaluasi pertemuan 5
b) Melakukan gerakan ditempat dengan kanan kanan kiri atau sebaliknya
c) Melakukan gerakan jalan kanan kakan kiri
d) Melatih awalan dengan bermain kanan kanan kiri berbentuk berpasangan
e) Hampir sama dengan gerakan C namun dibuat segi tiga
f) Melatih awalan dengan bermain kiri kiri kanan
g) Semua siswa di optimalkan dalam pembelajaran lompat jangkit
7. Lari estafet 100 x 4
a) Evaluasi pertemuan 6
b) Setiap mahasiswa diberi pengantar mengenai pemegang stik
c) Setiap mahasiswa diberi pengantar mengenai tek ofer(pemberian yaitu kanan kiri kanan kiri
d) Semua mahasiswa dibebaskan tapi tetap dalam penguasaan dosen yaitu dengan cara bergrombol saling member stik
e) Mahasiswa berpasangan 4 dengan posisi duduk saling memberi berbolak balik
f) Mahasiswa berpasangan 4 dengan posisi berdiri saling member berbolak balik
g) Mahasiswa berpasangan 4 dengan berjalan kedepan orang belakang sebagai pemain pertama memberikan stik kedepan sampai kedepan di lepas orang pertama menganbil kembali
h) Melatih tek ofer dengan posisi sesuai kemampuan pemain masing-masing
8. Lompat tinggi gaya flop
a) Evaluasi pertemuan 7
b) Mahasiswa melatih otot punggung dengan posisi kayang dengan berpasangan yang satu posisi rukuk
c) Mahasiswa melatih otot pungung dengan posisi kayang dengan berklompok 5 yang 4 kayang yang satu blusuk keposisi kayang tersebut
d) Mahasiswa melatih flop dengan tanpa awalan
e) Mahasiswa melatih flop dengan posi lurus dengan 3 langkah kaki tumpuan bebas
f) Mahasiswa melatih flop awalan 5-7 langkah dengan posisi dari sector kanan tumpuan kanan/kiri tumpuan kiri
9. Lempar lembeng
a) Evaluasi pertemuan 8
b) Mengenal pegangan dimana ada 3 (amerika jari telunjuk lurus arah kebelakang), swedia (jari jempol kearah kebelakang),irlandia (posisi lembeng dijepit dengan jari tengah dan telunjuk)
c) Lembeng bagi laki-laki 600 gram dengan panjang2,3m sebagai bobotnya
d) Lembeng bagi cewek 400 gram dengan panjang2m
e) Lembeng dipegang kedua mata tangan untuk dibuat dan diayunkan kesamping, belakang, depan
f) Lembeng ditaruh di leher dan disikap dengan posisi siku diayunkan kesamping kanan dan kiri
g) Lembeng posisi lurus berpasangan yang belakang menarik dan bergantian
h) Lembeng dilempar kedepan dengan berjalan diputar dan di tarik lempar lagi seterusnya
i) Melatih langkah baik 4,5,6,7 m
10. Lempar cakram
a) Evaluasi pertemuan 9
b) Mahasiswa membuat alat cakram dengan kedua piring bertangkupan diisi pasir dan disolasi hitam dengan berat seperti sesunguhnya
c) Mahasiswa melatih pegangan dahulu
d) Mahasisawa melempar cakram keatas ditangkap kembali
e) Mahasiswa melatih putaran kedepan dengan berpasangan
f) Mahasiswa melatih klik oleh ibu jari sehinga ketika melepar arah jarum jam
g) Melakukan gerakan tanpa awalan lalu melempar cakram
h) Mahasiswa melatih perputaran langkah
11. lari gawang
a) Mahasiswa berpasangan memberikan tangan dan yang terlambat bearti melemparkan kaki diatas tangan yang memberikan sodoran tangan begitu seterusnya baik kedalam dan keluar kanan atau kiri sekali dan dua kali
b) Mahasiswa merendahkan tubuhnya dan yang satu melemparkan kaki dengan arah berlawanan serta mencermati jangan sampai menendang kepala dengan harapan penuh konsentrasi begitu seterusnya
c) Mahasiswa melatih tolakan dengan berinjak satu kaki yang satunyan di tolakan diatas tangan secara terus menerus kedalam dan keluar
d) Mahasiswa melatih step langkah dengan harapan ketika melewati gawang langkah tidak berubah apabila diawali kaki kanan seterusnya kaki kanan
e) Mahasiswa berurutan memberikan tangan dengan berjajar yang lain melintasi bergantian
12. Lompat tinggi
a. Setiap mahasiswa melakukan gerakan kayang
b. Setiap mahasiswa berpasangan saling membelakanggi dan diangkat diatas pungung
c. Setiap mahasiswa berpasangan megang tangan dan yang lain melakukan gerakan setengah kayang sambil jalan
d. Setiap mahasiswa melakukan gerakan lompat ke kanan dengan tumpuan kaki kiri begitu sebaliknya
e. Melakukan tanpa awalan posisi kaki sejajar diikuti gerakan flop
f. Melatih langkah awal 3-5 dengan sebelah kiri tolakan kaki kanan
g. Begitu sebaliknya dari gerakan E
h. Melakukan gerakan flop
Tidak ada komentar:
Posting Komentar