Jumat, 20 Februari 2015

DISKRIPSI KEBUGARAN II



DISKRIPSI MATA KULIAH
KEBUGARAN II
( SETRATEGI KONDISI FISIK)


1.  Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah            : KEBUGARAN  II
Nomor Kode                     : MKK 246
Jumlah SKS                      : 2 SKS
Semester                            : 6/ genap
Kelompok Mata Kuliah    : MKk
Program Studi/Program    : Pendidikan Olahraga S-1
Status Mata Kuliah           : Wajib
Dosen                                : Ahmad Atiq, M.Pd.
Nip                                    :198303042009121002
Nid                                    :0004038303
Motto                                : Kita diciptakan untuk kembali
Pangkat                             : lektor/ IIIc
Jabatan                              : Sekjur ilmu olahraga/ Senat komisi III
HP                                     : 08562741184/085325299283
PIN                                   : 2BBFFBA0
FB                                     : ahmad atiq
IMEL                                : atikcahmad@gmail.com
Twitter                              : ahmad atiq/ ahzalfalah/atiq ahmad
Line                                   : ahmad atiq
Instagram                          : ahmad atiq
                                           
2.  Tujuan Pembelajaran      :

1.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II mahasiswa mampu memahami tata tertib perkuliahan
2.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliahan
3.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prestasi olahraga
4.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang komponen dan status kondisi fisik
5.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang norma penilaian kondisi fisik
6.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang metode latihan kondisi fisik
7.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang latihan daya tahan /endurance
8.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang prinsip prinsip latihan
9.      Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan evaluasi prinsip training
10.  Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang kiat mengembangkan kebugaran
11.  Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskantentang gizi baik/gizi buruk
12.  Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang penyusunan program latihan
13.  Setelah menyelesaikan mata kuliah kebugaran II  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang evaluasi kebugaran  
14.  Melaksanakan kegiatan pemuda bugar seluruh kota Pontianak bekerja sama dengan dinas kesehatan kota dan provinsi
15.  Melaksanakan pelatihan kebugaran / choaching klinik
16.  UAS

3.  Deskripsi Isi

Mata kuliah kebugaran II memahami dan mengali berbagai permasalahan, perencanaan, penerapan dan cara mengevaluasi kemampuan seseorang mengenai tingkat kebugaran dalam pembelajaran serta memahmi arti penting hidup produktif , serta didukung oleh kemampuan koknitif, afertif dan psikomotor yang menuju pengembangan hidup yang modern


4.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran berupa :
Ceramah
Demontrasi
Tugas
Tanya jawab
 Evaluasi

5.      Evaluasi

Penerapan evaluasi didasarkan pada kehadiran, prestasi mahasiswa yang diindikasikan dengan kemampuannya dalam UTS, UAS, serta penyelesaian tugas. Bobot masing-masing kriteria berbeda yakni UTS (10%), UAS (10%), dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah dengan rasa di siplin, tidak terlambat,  bertangung jawab, kerja keras, tugas terdiri dari laporan buku, makalah, melaksanakan pelatihan kebugaran II di kota pontianak dan kuburaya bekerjasam dengan dinas kesehatan kota dan provinsi  (80 %). Setiap kriteria harus memiliki nilai, bila gagal pada satu kriteria maka kriteria lain tidak bisa menutupi.




6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

Pertemuan 1dan 2             : Memahami tata tertib dan kontrak perkuliahan
      Pertemuan 3sampai 15      : Proses kuliah
Pertemuan 16                    : UAS
       
7.      Buku sumber Sumber utama;
Buku ajar kondisi fisik
Buku ajar pembinaan kebugaran
Jurnal olahraga
Riset olahraga



diskripsi atletik II



DISKRIPSI MATA KULIAH
ATLETIK II


1.  Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah            : ATLETIK  II
Nomor Kode                     : MKK 202
Jumlah SKS                      : 2 SKS
Semester                            : 2 genap
Kelompok Mata Kuliah    : MKJ
Program Studi/Program    : Pendidikan Olahraga S-1
Status Mata Kuliah           : Wajib
Dosen                                : Ahmad Atiq, M.Pd.
Nip                                    :198303042009121002
Nid                                    :0004038303
Motto                                : Kita diciptakan untuk kembali
Pangkat                             : lektor/ IIIc
Jabatan                              : Sekjur ilmu olahraga / Senat komisi III
HP                                     : 08562741184/085325299283
PIN                                   : 2BBFFBA0
FB                                     : ahmad atiq
IMEL                                : atikcahmad@gmail.com
Twitter                              : ahmad atiq/ ahzalfalah/atiq ahmad
Line                                   : ahmad atiq
Instagram                          : ahmad atiq
                                           
2.  Tujuan Pembelajaran      :

1.      Setelah menyelesaikan mata kuliah Atletik mahasiswa mampu memahami tata tertib perkuliahan
2.      Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliahan
3.      Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tolak peluru dan evaluasi
4.      Setelah menyelesaikan mata kuliah Atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pembelajaran lari 400m
5.      Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan evaluasi 400m
6.      Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pembelajaran lompat jangkit
7.      Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan evaluasi lompat jangkit
8.      Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pembelajaran lempar lembing
9.      Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan evaluasi lempar lembing
10.  Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pembelajaran jalan cepat 20km
11.  Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskantentang evaluasi jalan cepat
12.  Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pembelajaran lompat tinggi gaya flop
13.  Setelah menyelesaikan mata kuliah atletik  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan evaluasi lompat tinggi gaya flop
14.  Melaksanakan kompetisi/ pertandingan atletik tingkat SD se kota Pontianak dan kuburaya
15.  Melaksanakan pelatihan atletik dasar  
16.  UAS

3.  Deskripsi Isi

Mata kuliah atletik II memahami dan mengali berbagai permasalahan, perencanaan, penerapan dan cara mengevaluasi kemampuan seseorang dalam pembelajaran serta memahmi peraturan – peraturan atletik baik secara individu maupun tim yang di akui oleh IAAF, serta didukung oleh kemampuan koknitif, afertif dan psikomotor yang menuju pengembangan atletik yang modern.


4.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran berupa :
Ceramah
Demontrasi
Tugas
Tanya jawab
 Evaluasi

5.      Evaluasi

Penerapan evaluasi didasarkan pada kehadiran, prestasi mahasiswa yang diindikasikan dengan kemampuannya dalam UTS, UAS, serta penyelesaian tugas. Bobot masing-masing kriteria berbeda yakni UTS (5%), UAS (5%), dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah dengan rasa di siplin, bertangung jawab, kerja keras, tugas terdiri dari laporan buku, makalah, melaksanakan pertandingan dan pelatihan atletik di kota pontianak dan kuburaya bekerjasam dengan pasi provinsi  (90 %). Setiap kriteria harus memiliki nilai, bila gagal pada satu kriteria maka kriteria lain tidak bisa menutupi.




6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

Pertemuan 1dan 2             : Memahami tata tertib dan kontrak perkuliahan
      Pertemuan 3sampai 15      : Proses kuliah
Pertemuan 16                    : UAS
       
7.      Buku sumber Sumber utama;
Buku ajar atletik
Peraturan atletik
Jurnal olahraga atletik
Riset atletik


diskripsi sepakbola II



DISKRIPSI MATA KULIAH
SEPAKBOLA II


1.  Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah            : Sepakbola II
Nomor Kode                     : MKK 212
Jumlah SKS                      : 2 SKS
Semester                            : 2 genap
Kelompok Mata Kuliah    : MKJ
Program Studi/Program    : Pendidikan Olahraga S-1
Status Mata Kuliah           : Wajib
Dosen                                : Ahmad Atiq, M.Pd.
Nip                                    :198303042009121002
Nid                                    :0004038303
Motto                                : Kita diciptakan untuk kembali
Pangkat                             : lektor/ IIIc
Jabatan                              : Sekjur ilmu olahraga/ Senat komisi III
HP                                     : 08562741184/085325299283
PIN                                   : 2BBFFBA0
FB                                     : ahmad atiq
IMEL                                : atikcahmad@gmail.com
Twitter                              : ahmad atiq/ ahzalfalah/atiq ahmad
Line                                   : ahmad atiq
Instagram                          : ahmad atiq
                                           
2.  Tujuan Pembelajaran      :

1.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola mahasiswa mampu memahami tata tertib perkuliahan
2.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliahan
3.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peraturan sepakbola FIFA
4.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang kemungkinanan terjadinya Goal
5.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan permainan kerjasama
6.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dukungan dalam penyerangan
7.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan menciptakan ruangan secara perorangan
8.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan menciptakan ruang secara tim
9.      Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pertahanan
10.  Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan penyerangan
11.  Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan unsur unsur taktik
12.  Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami menembak bola
13.  Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan memimpin tim
14.  Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengembangkan kondisi fisik dalam permainan sepakbola
15.  Setelah menyelesaikan mata kuliah sepakbola  mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan respon aktif terhadap tim sepakbola
16.  UAS

3.  Deskripsi Isi

Mata kuliah sepakbola II memahami dan mengali berbagai permasalahan, perencanaan, penerapan dan cara mengevaluasi kemampuan seseorang dalam bermain sepakbola baik secara individu maupun tim, mengembangkan peraturan sepakbola, serta didukung oleh kemampuan koknitif, afertif dan psikomotor yang menuju pengembangan sepakbola modern.


4.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran berupa :
Ceramah
Demontrasi
Tugas
Tanya jawab
 Evaluasi

5.      Evaluasi

Penerapan evaluasi didasarkan pada kehadiran, prestasi mahasiswa yang diindikasikan dengan kemampuannya dalam UTS, UAS, serta penyelesaian tugas. Bobot masing-masing kriteria berbeda yakni UTS (5%), UAS (5%), dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah dengan rasa di siplin, bertangung jawab, kerja keras, tugas terdiri dari laporan buku, makalah, treot 15kali minimal jaraknya 800km didampingi oleh dosen  / treot ke perguruan tinggi negeri yang lebih baik satu kali ( UNNES, UNJ, UPI,UNM, SINGARAJA BALI)  (90 %). Setiap kriteria harus memiliki nilai, bila gagal pada satu kriteria maka kriteria lain tidak bisa menutupi( kalo treot itu dijalankan maka semuanya aman)




6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

Pertemuan 1dan 2             : Memahami tata tertib dan kontrak perkuliahan
      Pertemuan 3sampai 15      : Proses kuliah (treot ke PTN)
Pertemuan 16                    : UAS
       
7.      Buku sumber Sumber utama;
Buku ajar taktik dan setrategi bermain sepakbola
Buku ajar sepakbola
Jurnal sepakbola
Riset sepakbola